Saatnya Kaum Muda Berkuasa

Selama masih dikuasai dan didominasi oleh orang lama, maka politik Negeri ini tidak akan mengalami perubahan signifikan di tahun 2009. Bahkan keadaan ini akan bertahan hingga 2014. Pernyataan tersebut diungkapkan Direktur Eksekutif Lingkar Madani, Ray Rangkuti dalam launching Saung Bambooina milik Abdul Mufallah di Ciputat Rabu(7/1) malam.

Ray juga menegaskan electoral threshold partai politik dalam UU Politik juga dirancang ‘secantik’ mungkin untuk membunuh partai atau orang baru yang ikut meramaikan perpolitikan bangsa. Selain itu proses regenerasi politik sangat lambat serta cenderung hanya mendaur-ulang kaum tua yang sebenarnya sudah tidak mampu lagi memimpin bangsa ini. “Struktur politik Negeri ini telah didesain untuk golongan tua, baik di eksekutif maupun legeslatif,” tutur Ray.

Meski demikian, alumni Jurusan Aqidah Filsafat FUF UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini meyakinkan bahwa masih ada harapan bagi kaum muda untuk bisa tampil di pentas politik nasional. “Yakni melalui gerakan mengambil alih kepemimpinan nasional dan menyebarkan isu anti korupsi,” jelasnya.

“Kaum muda harus mengambil inisiatif untuk memimpin negeri ini, sudah saatnya kaum muda berkuasa dan membawa perubahan baru bagi bangsa ini”, tambahnya. (Rita Zahara)