Ketum PB HMI Presentasikan Paper Ilmiah di Forum Sosiologi se-Asia Pasifik

Transparansi Efektifkan Peran Pemerintah

Pemerintah yang transparan terbukti akan mampu menjalankan pemerintahannya secara efektif. Hal ini tentu saja mendekonstrukti asumsi lama bahwa transparansi akan menghambat efektifitas pemerintah seperti yang pernah terjadi pada zaman orde baru . Banyak orang menganggap dengan pemerintahan yang tidak transparan, Suharto mampu menjalankan pemerintahannya secara efektif.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PB HMI, M. Chozin dalam The 9th Conference of APSA (Asia Pacific Sociological Association), di Bali, Sabtu (13/06) silam. Konferensi ini merupakan pertemuan duatahunan para sosiologis se-Asia Pasifik.

Konferensi ini sebelumnya dilaksanakan di beberapa kota yaitu: Manila, The Philippines (1996); Kuala Lumpur, Malaysia (1997); Cheju, South Korea (1999); Nishinomiya, Japan (2000), Brisbane, Australia (2002); Seoul, South Korea (2004); Bangkok, Thailand (2005); dan Penang, Malaysia (2007).

Dalam konferensi itu Chozin mempresentasikan paper ilmiahnya yang berjudul “Governance Index 2008: Is Government’s Transparency Correlates to its effectiveness?”

Paper ini merupakan hasil dari penelitian yang dilakukannya bersama tim Partnership for Governance Reform di 33 provinsi di Indonesia pada tahun 2008.