Laskar Pelangi Disambut Hangat Mahasiswa Universitas Masaryk

George Perez mahasiswa Business Adminsitration dari Madrid, Spanyol, mengaku sempat menitikan airmata. Sementara Ashlee dari Tennessee, AS, terkejut dengan kualitas film Indonesia. 

Setelah menjadi film tamu di Zlin Internasional Film Festival 2009 dan diputar sebagai film pembuka di Festival Film Indonesia ke-3 di Praha 2009, film ‘Laskar Pelangi’ kembali disambut hangat oleh publik di Ceko. 

Kali ini dengan penonton para mahasiswa dari berbagai negara di Gedung Fakultas Ekonomi, Unibersitas Masaryk, Brno, 11/3/2010. 

Ditonton oleh sekitar 200 mahasiswa dari berbagai negara di kota terbesar kedua di Ceko, film fenomenal dengan dukungan pemeran anak-anak Belitung tersebut mendapat banyak komentar positif. 

Selain mahasiswa Ceko, banyak mahasiswa dari berbagai negara yang khusus datang untuk menonton Laskar Pelangi. George Perez mahasiswa Business Adminsitration dari Madrid, Spanyol, mengaku sempat menitikan airmata melihat film tersebut. Saking terkesannya, George berkeinginan mengunjungi Belitung. 

Tomasz Wiezbicki, mahasiswa Fakultas Pertanian Mendel University, juga mengakui bahwa film tersebut ada kemiripan dengan kehidupannya di masa kecil ketika masih tinggal di Polandia. 

Sedangkan mahasiswi dari Cina yang mengaku bernama Ping mengatakan sangat tersentuh oleh film tersebut. “Cerita dalam film itu mirip juga dengan yang terjadi di Cina, di mana masih banyak orang harus berjuang untuk mendapatkan pendidikan,” ujar Ping. 

Komentar lain datang dari Ashlee, mahasiswi asal Tennessee USA, yang terkejut dengan kualitas film Indonesia. “Laskar Pelangi adalah film Indonesia yang pertama saya lihat,” kata Ashlee. 

Menurut Ashlee, film tersebut sangat edukatif dan menyentuh. Selain itu Ashlee juga mengaku senang, karena bisa melihat salah satu tempat di negeri yang belum dia kenal. 

Sementara itu Presiden International Student Club Masaryk University, Ondrej Siroky, merasa bangga bisa menghadirkan film Indonesia di universitas tersebut. Ondrej mengharapkan dapat meneruskan kerjasama dengan membuat kontak bersama student clubs dari universitas di Indonesia. 

“Pemutaran film ini merupakan salah satu cara KBRI Praha untuk memperkenalkan Indonesia kepada berbagai kalangan di Ceko,” terang Konselor Pensosbud Azis Nurwahyudi kepada detikcom. 

Dijelaskan bahwa pemutaran film Laskar Pelangi ini terselenggara berkat kerjasama dengan mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas Masaryk, Brno dan International Student Club Masaryk University, Brno. 

Untuk lebih mengenalkan keanekaragaman budaya Indonesia, kali ini pemutaran film dibarengi dengan penampilan Tari Cendrawasih dari Bali dan Tari Kayau dari Kalimantan. 

Sedangkan untuk menambah wacana para mahasiswa tentang Indonesia, KBRI Praha juga menjelaskan mengenai Indonesia secara singkat, membagikan buku tentang Papua, dan brosur informasi lainnya. Selain itu kepada para pemenang door prize juga diberikan CD Film Laskar Pelangi serta suvenir khas Indonesia. 

Pada akhir acara para mahasiwa dapat menikmati ragam makanan Indonesia seperti lemper, dadar gulung, gula kacang, dan dodol garut yang telah disediakan.

(es/es) detik.com