Islam Itu Ajarkan Kemandirian

Figure 1 Dr. Ansori Fard (Berbaju Hitam), dalam kunjungannya ke Islamic College Jakarta tengah berbincang dengan Direktur Islamic College Jakarta Prof. Dr. Seyyed Ahmad fazeli (kedua dari kiri), kamis (21/10)

Pada hakikatnya pendidikan dalam Islam itu dapat membangun kemandirian ummat. Dengan belajar Islam secara benar maka umat dapat mandiri secara penuh, serta mampu meningkatkan kemajuan kualitas masyarakat Islam diberbagai sektor kehidupan. Demikian pesan Dr. Ansori Fard Staff khusus kepresidenan bidang perempuan Republik Islam Iran dalam kunjungannya ke Islamic College Jakarta, (21/10).

Ia mengungkapkan bahwa untuk membangun kemandirian ummat perlu diupayakan peningkatan kualitas manusia. Dan untuk membangun kuliatas manusia diperlukan pendidikan yang benar-benar mengajarkan hakikat kemanusiaan itu sendiri.

Islam menurutnya mengajarkan hal tersebut. “ Islam mengajarkan manusia untuk menemukan hakikat kemanusiaan atau jati diri yang sesungguhnya. Hal ini akan membawa manusia tidak terjebak pada ketergantungan dengan siapapun”, imbuhnya.

“Iran akan selalu mendukung upaya untuk memajukan ummat Islam di seluruh dunia agar lebih mandiri tanpa bergantung dari barat,” ungkapnya. Ia melanjutkan terbuka peluang sangat lebar untuk menjalin kerjasama dengan Indonesia baik itu pemerintah maupun LSM.

“Iran dan Indonesia memiliki banyak kesamaan, terutama pada ranah agama, budaya dan Indonesia juga memiliki penduduk muslim terbesar di dunia, sambungnya.

Ia menawarkan tiga hal untuk memajukan pendidikan Islam di Indonesia. Pertama adalah dengan mempelajari secara mendalam hakikat ajran agama-agama dunia berserta budaya-budaya yang dibawanya. Kedua adalah mempelajari pemikiran-pemikiran yang berkembang di dunia barat, hal ini agar masyarakat Islam juga tidak buta terhadap perkembangan kemajuan barat. Ketiga adalah selalu meneladani tokoh-tokoh Islam masa silam, terutama Nabi Muhammad SAW.

Pada acara yang sama Direktur Islamic College Jakarta, Seyyed Ahmad Fazeli mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan kulitas sumber daya manusia Indonesia khususnya perempuan perlu didorong upaya-upaya pencerdasan kaum perempuan. Hal itu dapat dilakukan dengan memnberikan kesempatan pendidikan kepada kaum perempuan secara lebih luas.

“Perempuan di Indonesia memerlukan dorongan untuk dapat meningkatkan kualitasnya, salah satu caranya adalah dengan mendorong kesempatan pendidikan, pelatihan dan riset-riset secara lebih luas lagi,” ujarnya.

Ia mengatakan akan menyambut baik tawaran kerjasama dari pemerintah republik Islam Iran untuk mengembangkan pendidikan Islam di Indonesia terutama untuk kaum perempuan, pungkasnya.[]tor