Bambang Soesatyo : Vonis Tujuh Tahun, Keistimewaan Gayus yang Diberikan Satgas!

Bambang Soesatyo : Vonis Tujuh Tahun, Keistimewaan Gayus yang Diberikan Satgas!

HMINEWS- Anggota Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo menilai vonis ringan yang dijatuhkan kepada Gayus Tambunan sangat mengecewakan. Ini merupakan sikap anti klimaks dari semangat pemberantasan korupsi.

”Bagaimana mungkin seorang mafia pajak hanya divonis 7 tahun penjara, sementara tuntutan jaksa selama 20 tahun. Seharusnya jika pemerintahan SBY benar-benar ingin memberantas korupsi, seorang mafia pajak harus dijatuhi dengan hukuman seberat-beratnya. Integritas majelis hakim kasus Gayus dalam pemberantasan korupsi harus dipertanyakan,” ujarnya

Lebih lanjut bambang mendesak Jaksa Penuntut Umum (JPU) harus segera mengajukan banding atas putusan tersebut.

”Saya sudah menduga vonis Gayus akan sangat rendah. Ini membuktikan keberhasilan ‘ancaman’ Gayus yang akan mengungkap semua hal terkait kasusnya jika divonis berat.” Lanjutnya.

Vonis ringan ini, menurut Bambang, merupakan salah satu ‘keistimewaan’ yang diterima Gayus. Selain ‘keistimewaan’ lainnya, seperti kebebasan untuk melakukan plesiran ke luar negeri.

Pengakuan Gayus usai vonis yang mengatakan Satgas Mafia Hukum menjanjikan Gayus akan menjalani proses hukum secara ‘aman dan nyaman’ jelas menunjukan adanya ‘keistimewaan’ yang diberikan Satgas. Karenanya, bukan tidak mungkin pula Satgas Mafia hukum ikut andil dalam vonis ringan tersebut.

”Jika benar, intervensi hukum seperti ini oleh Satgas, jelas tidak bisa dibiarkan. Satgas telah melenceng dari tugas utamanya. Tak salah bila Satgas seharusnya dibubarkan,” pungkasnya.[]ian