Jusuf Kalla : PMI Tidak Boleh Bergantung Pada Asing

HMINEWS – PMI mandiri adalah keharusan menurut Jusuf Kalla. PMI tidak boleh menggantungkan diri pada barang-barang impor, seperti kantong darah dan vaksin plasma. “Jangan hanya mengandalkan impor ataupun bantuan pihak asing,” ujarnya, saat berdialog dengan pengurus PMI di Provinsi Gorontalo, Senin (24/1).

Sebagai organisasiyang besar, kata dia, PMI harus memiliki fasilitas, peralatan dan logistik memadai dalam menjalankan tugasnya. “PMI akan membangun pabrik kantong darah dan vaksinasi plasma, untuk memasok kebutuhan di seluruh daerah di Indonesia. Jadi, kita tak perlu lagi tergantung sama negara lain,” tandasnya.

Ia tak menampik bahwa bantuan asing di setiap bencana sangat membantu para korban yang ada, namun saatnya bangsa Indonesia bangkit untuk lebih mandiri. Menurutnya, PMI memang bukan organisasi yang memiliki dana besar, namun keikhlasan masyarakat menjadikan organisasi itu bisa membantu banyak orang.

“Bayangkan saja kalau PMI tak memiliki relawan, pasti tidak bisa jalan. Sementara untuk menjadi relawan syaratnya harus punya keahlian dan keikhlasan,” ungkapnya.

Mantan wakil presiden RI tersebut memaparkan bahwa tugas pokok PMI adalah menyiapkan pasokan darah serta mengurangi resiko dan mengatasi bencana yang terjadi di negara tersebut. Dengan adanya 500 markas PMI serta sejuta relawan yang tersebar di seluruh daerah, ia yakin organisasi tersebut bisa terus berperan besar dalam kegiatan kemanusiaan[]Nsr