Nusantara Akan Jadi Pusat Peradaban Dunia

HMINEWS,- Kawasan Nusantara, khususnya Indonesia yang terletak di kawasan Asia Tenggara pada masa yang akan datang diprediksi akan menjadi pusat perbadan dunia. Indonesia dan nusantara adalah taruhan masyarakat dunia di masa yang akan datang.

Demikian salah satu kesimpulan dalam diskusi, Menggali Nilai dan Identitas Nusantara, yang dilaksanakan oleh Nusantara Institute di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Hadir sebagai pembicara mantan Anggota DPR Marwah Daud Ibrahim, yang juga penggagas program Indonesia Jaya 2045 dan Zubaidah Yusuf,  peneliti Nusantara Institute.

Marwah Daud Ibrahim dalam paparannya menilai, targetnya pada tahun 2045, Indonesia harus sudah menjadi pusat  peradaban dunia. “Hanya ada tiga pilihan bagi kita pada masa yang akan datang. Berjalan di tempat, hilang dan tinggal sejarah atau maju,” ujarnya.

Marwah menambahkan salah satu yang paling mendesak untuk kita lakukanadalah membangun rasa kebersamaan (modal sosial) antar segenap pemimpin bangsa dan seluruh rakyat Indonesia agar mau mempererat tali persatuan dan kesatuan. “Ada tiga kata kunci untuk membangun peradaban tersebut, yakini unity (persatuan), peace (perdamaian) dan Properity,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Zubaidah Yusuf. Menurutnya bangsa Indonesia tidak perlu mencari peradabannya ke Negara lain. “Jika kita kehilangan sebuah koin di rumah kita, jangan kita cari ke rumah tetangga. Segelap dan seburuk apapun rumah kita, koin itu harus kita cari di rumah kita, bukan di rumah orang lain. Kita tidak perlu melihat ke Negara lain, tapi kita harus menggali sendiri peradaban itu di Indonesia,” ujarnya. [Adi]