Mahasiswa NTT Desak Mundur SBY-Boed

Mahasiswa NTT Desak Mundur SBY-Boed

HMINEWS- Kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhyono ke Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat penolakan keras dari mahasiswa. Mereka melakukan aksi unjuk rasa menolak kedatangan Presiden SBY karena dianggap gagal. Para demonstran juga meminta SBY untuk mundur.

Pengunjuk rasa yang berasal dari gabungan berbagai elemen mahasiswa itu berorasi di ruas jalan depan Markas Polda NTT Selasa (8/2/2011). Dalam orasinya, mereka menuduh pemerintah tidak berpihak kepada penduduk miskin. Sebaliknya, pemerintah mengeluarkan kebijakan yang berpihak kepada kepentingan asing.

Awalnya polisi berupaya menggiring mahasiswa ke halaman kantor Polda, tapi mereka menolak dan tetap berorasi. Polisi kemudian berupaya membubarkan paksa mahasiswa menggunakan pentungan.

Mahasiswa kemudian berlarian sehingga sejumlah kendaraan roda dua yang diparkir di sisi jalan berjatuhan. Namun, mereka kemudian berkumpul kembali untuk berorasi.

Unjuk rasa itu mengakibatkan ruas Jalan Soeharto di depan Polda NTT ditutup untuk kendaraan. Kendaraan yang melewati jalan itu dialihkan ke ruas jalan yang lain. Polisi baru menguasai mahasiswa beberapa saat kemudian dan meminta mereka berunjuk rasa ke sebuah gang sempit di depan Polda.[]mi/dni