Alanda : Terima Kasih Atas Dukungannya!

Alanda : Terima Kasih Atas Dukungannya!

KEMARIN Tepat satu minggu setelah saya mempublikasikan tulisan ini di blog saya. Tanpa disangka, respon yang diterima begitu masif, dan mayoritas positif. Melalui tulisan ini, saya bermaksud untuk mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas doa dan dukungan yang telah diberikan secara langsung, maupun melalui media seperti komentar di blog, e-mail, tweet, SMS, telepon, dan lain-lain. Walau Anda tidak mengenal saya, tetapi Anda menaruh begitu banyak perhatian dan memberi dukungan yang sangat berarti.

Selain itu, terima kasih banyak atas dukungan dari rekan-rekan pers yang telah mengangkat kisah saya dan Ibu ke permukaan, sehingga kisah ini dibaca oleh lebih banyak orang yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat. Terima kasih atas kesabaran dan ketekunan yang telah diberikan dalam meliput kasus ini. Berkat disiarkannya tulisan tersebut ke lebih banyak orang, saya jadi tahu bahwa ternyata di luar sana ada banyak orang yang juga mendapat ketidakadilan. Ada pemuda-pemuda lain yang mengirimkan e-mail, menceritakan bagaimana orangtuanya pun mengalami hal yang serupa dengan yang dialami oleh Ibu. Semoga mereka pun bisa menemukan keadilan bagi keluarga mereka sendiri.

Terima kasih juga untuk para praktisi hukum yang telah berkenan untuk membagi pengetahuan dan pandangannya, termasuk di antaranya Bapak Todung Mulya Lubis dan Ari Juliano. Saya telah belajar banyak, dan semoga tidak berhenti belajar.

Terima kasih untuk komunitas Langsat dan Rumah Langsat yang telah menyelenggarakan acara Obrolan Langsat sehingga saya bisa membagi kisah saya dengan jauh lebih komprehensif. Terima kasih untuk Pak Didi yang telah meminjamkan tempat, Pak Kadri yang telah menyusun jalannya acara, dan Pak Donny yang telah meminjamkan sound system. Terima kasih juga untuk Pandji Pragiwaksono, Barry Maheswara, ‘Ndoro Kakung’, Efek Rumah Kaca, Pee Wee Gaskins, Glenn Fredly, serta banyak orang lain yang telah membantu jalannya acara namun tidak dapat disebutkan satu persatu. Melalui Obrolan Langsat, saya begitu terinspirasi, bertemu dengan orang-orang yang peduli terhadap Indonesia, dan telah benar-benar melakukan sesuatu yang positif dan berarti untuk bangsa ini.

Terima kasih kepada rekan-rekan Ibu di Ikatan Alumni FHUI, khususnya angkatan 1980, yang dengan setia mendampingi Ibu (dan Alanda) dalam menghadapi permasalahan ini. Pasti Tuhan membalas kebaikan Oom dan Tante semuanya.

Terima kasih kepada Tim Pengawas Kasus Century dari DPR-RI yang pada hari ini telah menyisihkan waktu dan perhatian untuk menyelenggarakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama Ibu saya. Semoga langkah-langkah berikutnya yang diambil bisa menimbulkan hasil yang positif. Tidak hanya untuk Ibu, tetapi juga untuk pegawai-pegawai Bank Century yang mendapat ketidakadilan, maupun individu-individu di luar sana yang sedang berusaha menegakkan hukum menjadi seperti yang seharusnya.

Saya benar-benar tidak menyangka bahwa Ibu saya, dan saya, akan mendapat dukungan yang begitu positif dari teman-teman semua. Saat ini, kami berdoa agar bisa mencapai hasil yang terbaik dan seadil-adilnya, agar Ibu bisa bebas murni. Namun demikian, tetap ada kekhawatiran dari dalam diri saya terhadap keselamatan Ibu dengan terangkatnya kasus ini – yang boleh dibilang sedikit-banyak telah menjadi isu nasional. Semoga keadilan bisa ditegakkan dan semoga Ibu, juga keluarga saya, terlindung dari marabahaya yang mungkin ditimbulkan oleh exposure ini. Begitu pula bagi pribadi-pribadi yang telah tidak henti-hentinya dan tanpa pamrih mendukung kami. Amin.

Hari ini akan diselenggarakan sidang lanjutan dari kasus Ibu yang pertama, pukul 10.00 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, lantai 3. Silakan datang jika ingin mengetahui perkembangan kasusnya. Semoga pada akhirnya vonis yang diberikan oleh hakim tidak memberatkan Ibu. Amin, ya rabbal alamiin.

Sekali lagi – saya mewakili Ibu dan keluarga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala bentuk doa dan dukungan yang telah diberikan. Semoga Tuhan mendengar. 🙂