Soal Century, Tiga Partai Besar Dukung Hak Menyatakan Pendapat!

HMINEWS – Politikus Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Akbar Faisal, mengklaim telah mendapatkan dukungan dari dua partai lainnya, Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk menggulirkan Hak Menyatakan Pendapat Kasus Century.

“Sudah ada dukungan Golkar, dan PDIP. Kami akan galang kekuatan untuk hak menyatakan pendapat. Ini adalah tugas DPR,” kata Akbar usai acara diskusi Polemik Trijaya bertema Ironi Negeri Ini di Restoran Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (16/7/2011).

Akbar mengungkapkan, DPR merasa kecewa dengan penegak hukum yang tidak ingin membuka diri terhadap temuan-temuan yang ditemukan DPR. Kekecewaan mendalam terutama ditujukan pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Kemarin kami sudah datang ke KPK. Kami telah menunjukkan apa pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan.

Terutama pada SPJP tapi kelihatannnya tidak mau membuka diri,” katanya.

Keengganan KPK ini, kata Akbar, menimbulkan pertanyaan besar.  “Apa yang dilindungi? Ini bukan untuk menjatuhkan satu pihak, lembaga hukum jangan bekerja untuk menyenangkan penguasa. Bekerjalah atas nama konstitusi,” katanya.

“Kalau memang tidak ada apa-apa ya seharusnya diselesaikan,” katanya.

Menurut Akbar keinginan anggota dewan mengajukan hak menyatakan pendapat sudah mengemuka sejak paripurna memutuskan hasil Pansus Century awal Maret 2010. Namun, kala itu dukungan yang didapat masih sedikit.[]ian/OZ