Anas Urbaningrum: Politik Itu untuk Mensejahterahkan Rakyat

HMINEWS – Mayoritas politisi berpandangan politik adalah cara untuk mengejar kekuasaan. Tapi tidak begitu dengan Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum. Justru, kata Anas, politik yang sesungguhnya adalah bekerja untuk kesejahteraan rakyat.

“Kalau ini tercapai, politik akan menghadirkan kemulaiaan karena berguna untuk kepentingan rakyat,” kata Anas dalam acara Peletakan Batu Pertama Pusat Pelatihan Wira Usaha Tani di Ciapus, Bogor, Jawa Barat (Senin, 18/7).

Dalam acara itu, hadir pula Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf, Ketua Dewan Tani Indonesia Ferry Juliantoni, dan Wakil Ketua Komisi IV Herman Khaeron.

Anas mengaku, dirinya sangat miris dengan kondisi dunia pertanian saat ini. Katanya, dunia pertanian terancam mengalami penurunan yang luar biasa. Soalnya, para anak muda sudah tidak mau lagi berprofesi sebagai petani.

“Tenaga kerja di sektor pertanian mengalami penuaan. Makin tua. Kalau tren ini berlanjut, itu akan jadi ancaman pada dunia pertanian. Kalau aktor-aktornya hilang, tunilnya tutup, permainannya mati,” imbuh Anas.

Makanya, pembangunan pusat pelatihan ini adalah ikhtiar yang sangat penting dan berfaedah. Sebab, dengan pusat pelatihan ini, bisa diciptakan SDM yang handal di bidang pertanian.

“Usaha ini adalah politik yang sesungguhnya,” kata Anas.[]RMOL/ian