‘Rampok Uang Rakyat’, Anas Urbaningrum Sudah Tak Bermoral Lagi!

HMINEWS – Anas Urbaningrum harus bisa menjelaskan dan membuktikan pada publik dirinya bebas dari tuduhan politik uang saat pemilihan ketua umum Partai Demokrat. Upaya pembuktian tersebut wajib dilakukan oleh pimpinan organisasi politik sebagai bagian dari moral politik.

“Itu wajib dan menjadi tanggung jawab Anas,” ujar pengamat politik Univesrsitas Indonesia Iberamsjah saat dihubungi, Senin (18/7).

Menurutnya, Ketua Umum Partai Demokrat tersebut jangan lagi bersembunyi dibalik dalil biarkan lembaga hukum yang membuktikannya. Pernyataan seperti itu bukanlah pernyataan seorang negarawan dan pimpinan partai politik besar.

“Itu adalah tanggung jawab pemimpin politik. Dan tanggung jawab itu beratn,” ujarnya.

Anas, menurutnya, juga harus tidak lagi terus berdiri di belakang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menjabat Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat. Dirinya adalah pimpinan Demokrat yang harus bertanggungjawab atas kebobrokan internal partai.

“Anas harus punya moral politik untuk mengetahui sampai dimana dalam partai politik dirinya sungguh-sungguh menjadi pemimpin. Moral politik antara lain bertanggungjawab terhadap tuduhan politik uang. Kalau tidak ada moral politik maka sebaiknya Anas undurkan diri saja,” tandasnya.[]MI/ian