Sulawesi Tengah Peringati Hari Al-Quds

HMINEWS, Palu –  Dalam rangka memperingati Hari Al-Quds Internasional, Masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Sulawesi Tengah menyelenggarakan aksi demonstrasi (Jum’at 26/08). Massa aksi berseru mengajak seluruh masyarakat untuk bergabung dalam menyuarakan solidaritas kemerdekaan bagi bangsa Palestina dari penjajahan zionis Israel.

Aksi yang diperingati setiap hari jum’at terakhir ramdahan ini, diikuti oleh HMI-MPO Cabang Palu, Yayasan Pendidikan Rakyat (YPR), Unde Komunity, Tokaili Bangkit, Persatuan Rakyat Demokrasi (PRD), Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sulteng, Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI), Itrah Institute, Jaringan Advokasi Tambang Sulteng (JATAM), Partai Nasional Demokrat, P3MIB (Paguyuban Morowali), BEM Universitas Alkhairaat, BEM Universitas Tadulako dan BEM STISIPOL Palu.

Massa aksi yang tergabung dalam beberapa elemen masyarakat tersebut berjumlah sekira 100 orang lebih. Mereka membagi-bagikan 5.000 selebaran yang bertuliskan SELAMATKAN PALU !! AWAS BAHAYA TAMBANG Oleh COMPANY dilengkapi dengan gambar-gambar para korban yang terkena penyakit serta kerusakan lingkungan akibat pengelolaan tambang. Selain Selebaran, massa aksi juga membagikan Bunga Mawar Putih kepada pengguna jalan sebagai symbol menumbuhkan rasa kemanusiaan dari kondisi bangsa saat ini.

Tuntutan Aliansi Masyarakat Sulawesi Tengah adalah sebagai berikut :

  1. Mendukung kemerdekaan Negara Palestina
  2. Menolak Pengelolaan Tambang Oleh Company PT. CPM
  3. Mengecam Aksi Penembakan yang dilakukan Oleh Company PT. MEDCO
  4. Mendorong Persatuan Nasional untuk membebaskan negeri dari cengkeraman Company

Aksi ini dimulai dari jam 15.30 Wita dan berakhir pada Jam 18.10 Wita yang di rangkaikan dengan Buka Puasa bersama di jalan samratulangi depan Kantor Gubernur Sulteng yang berdekatan dengan kantor DPRD Provinsi Sulteng dan kantor POLDA Sulteng. Aksi ini ditutup dengan Doa dan pengiriman Surah Al-

Path: pFatehah yang dipimpin oleh Direktur YPR, Dedi Irawan sebagai Koodinator lapangan.

“Sebelum buka puasa, marilah kita tundukan hati kita seraya mendoakan arwah para Syuhada di Palestina, para pejuang Indonesia, korban penembakan yang telah Syahid di Buol dan Morowali, serta para syuhada yang telah gugur berjuang menuntut keadilan.” Mudah-mudahan mereka semua diterima dan gerakan kita juga mendapat rahmat dari Allah SWT. Amin, ungkap Dedi Irawan yang juga alumni HMI-MPO dan juga sebagai Ketua IJABI Sulteng []Mahadin