Geliat Persaudaraan Alumni HMI YKPN

HMINEWS- Ratusan mantan aktivis HMI Akademi Akuntansi YKPN Yogyakarta berkumpul di puncak tadi malam (Sabtu, 15/10/2011). Mereka datang dari berbagai daerah seperti Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jabodetabek. Kali ini, bukan urusan politik yang mereka bicarakan, melainkan membangun tali silaturahmi dan murni membicarakan ekonomi keummatan.

Alumni HMI YKPN pose bersama

Layaknya sebuah perhelatan sidang kongres HMI, mereka berdebat keras untuk mencapai kesepakatan terhadap beberapa isu. Terjadi saling blok pendapat dan saling adu arumentasi. Tak peduli umur dan status yang sudah alumni, semua terlibat dalam perdebatan sengit tersebut. Beberapa berperan sebagai pimpinan sidang, sesekali ada ketegangan, interupsi, dan gelak tawa meledak ketika ada peserta yang melucu. Persis seperti forum kongres, voting-pun digelar saat terjadi ketidaksepahaman yang bertele-tele terhadap suatu persoalan.

Itulah sekilas gambaran dari perhelatan tahunan dari sebuah komunitas alumni HMI yang masih solid. Mereka rela datang dari jauh dan bahkan membawa keluarga mereka untuk bereuni, menyambung tali silaturahmi. Sebagaimana disampaikan oleh mantan ketua umum PB HMI M Chozin Amirullah yang sempat hadir dalam acara tersebut, diantara komunitas-komunitas alumni HMI yang berbasis komisariat atau fakultas, komunitas alumni HMI AA YKPN Yogyakarta atau yang biasa disebut HARMONI adalah salah satu yang paling solid, karena komunitas tersebut tidak politis.

“Komunitas alumni bisa tetap solid jika mereka lebih mengedepankan silaturahmi dari pada politik. Selama ini kebanyakan pertemuan-pertemuan alumni HMI lebih banyak berurusan dengan politik, makanya jarang yang bisa tahan lama”, kata Chozin.

Menurut Heri Hermawan, salah satu anggota HARMONI yang hadir dalam acara tersebut, memberikan keyakinannya bahwa yang membuat HARMONI bisa solid adalah karena keterikatan jiwa masing-masing anggotanya.

“Yang senior memberikan pembinaan bagi yang lebih muda, yang mudapun memberikan penghargaan dan penghormatan kepada yang lebih senior”, katanya.

Pertemuan HARMONI berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh para mantan aktivis HMI AA YKPN Yogyakarta lintas generasi dan lintas daerah. [] lk