Demonstran Berhasil Bujuk DPRD Tandatangani Penolakan Kenaikan BBM

HMINEWS.Com – Massa pengunjukrasa di Pekanbaru, Riau berhasil membuat DPR Provinsi Riau menandatangani pernyataan menolak kenaikan harga BBM. Pernyataan tersebut dibuat dengan kop DPR Provinsi dan akan disampaikan ke Presiden SBY.

“Masa aksi ditemui 5 anggota DPR Provinsi Riau dan sepakat menolak kenaikan BBM dengan menandatangani sikap penolakan menggunakan kop DPR dan difaks langsung ke SBY,” kata Ketua HMI-MPO Cabang Pekanbaru, Hafidz kepada HMINEWS.Com, Kamis (29/3/2012).

Kelima anggota DPR Riau tersebut 2 berasal dari PDI Perjuangan,  2 dari PKS dan 1 dari Golkar.

Di Riau, pengunjukrasa terdiri dari 4 front. Yaitu GEBRAK (Gerakan Barisan Rakyat Anti Kenaikan) BBM, ARAK (Aliansi Rakyat Anti Kenaikan ) BBM, AMR (Aliansi Rakyat Menolak kenaikan BBM) dan elemen buruh. Pengunjukrasa sempat mendobrak gerbang DPR Riau serta merusak pos polisi yang berada di tempat tersebut.

Sementara itu di belahan Sumatera lainnya, tepatnya di Gunung Sitoli, Nias Sumatera Utara, pengunjukrasa pun berhasil membuat 70 persen anggota dewan baik dari Kota Gunung Sitoli dan Kabupaten Nias menandatangani penolakan kenaikan harga BBM. Massa yang turun ke jalan sejak hari Selasa lalu tersebut terus-menerus berunjukrasa di DPRD.

 “Alhamdulillah, 70 % anggota dewan baik dari DPRD kota maupun Kabupaten menyatakan sikap menolak kenaikan harga BBM, dan akan mengirimkan surat kepada Presiden SBY atas nama masyarakat Pulau Nias, untuk membatalkan kebijakan menaikkan harga BBM tersebut,” kata Azhar dari HMI MPO Gunung Sitoli.