Konferensi Ke-52 HMI Cabang Semarang

HMINEWS.Com – Penggabungan unsur intelektual dan spiritual merupakan  ruh pergerakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Karena itulah, tradisi itu harus tetap dipertahankan, meski tantangannya tidaklah ringan. Seperti dilakukan HMI  (MPO) Cabang Semarang yang memilih tema tersebut sebagai rekomendasi Konferensi Cabang yang selesai Senin (23/4/2012) pagi.

“Temanya Rekonstruksi Epistemologi Gerakan HMI, menggabungkan antara spiritual dan intelektual sebagai landasan gerak HMI. Kenapa dipilih tema itu, sebenarnya HMI Cabang Semarang dari dulu ada penggabungan ini, terbukti Pengurus Cabang dahulu mempunyai guru-guru spiritual,” kata Ketua HMI MPO Cabang Semarang yang baru demisioner, Mustofa kepada HMINEWS.Com.

Namun, lanjut Mustofa, beberapa tahun belakangan tradisi tersebut agak memudar, dan karenanya  harus dibangun kembali, karena ruh perkaderan ada pada ranah itu; spiritual dan intelektual.

Menurutnya dengan pola tersebutlah terjalin saling pengertian antar penguruc cabang, pengurus cabang dengan kader, serta pengurus cabang dengan lingkungan sosialnya yang berdampak pada perubahan yang lebih baik.

Sekretaris Jenderal PB HMI (MPO), Herman Haerudin sebelumnya dalam pembukaan konferensi menegaskan hal  yang sama.

“Kecerdasan intelektual dan spiritual sangat penting dalam peningkatan kualitas kader sebagaimana tertuang dalam konstitusi HMI, yaitu menjadi insan ulul albab. Dalam menciptakan kader dengan kriteria itu, maka proses dan sistem perkaderan harus baik , karena dari situlah akan lahirnya kader-kader militan yang nantinya akan mewarnai Semarang dan Indonesia,” kata Herman.

Konferensi ke-52 tersebut berlangsung di Wisma Lansia, Ungaran-Semarang dan telah memilih  Firman Wahono sebagai Formateur Cabang dengan satu rekomendasi, yaitu mengaktifkan HMI di kampus UNNES (Universitas Negeri Semarang) dan AKPWB (Akademi Keuangan Perbankan Widya Buana) Semarang.

Firman merupakan mahasiswa IKIP PGRI Semarang, Ketua Bidang (Kabid) Jangkar (Jaringan dan Kajian Isu Strategis) HMI Cabang Semarang periode sebelumnya (2011-2012).