Orasi Kebangsaan Hatta Rajasa Dalam Harba PII

HMINEWS.Com Р Menko Perekonomian Hatta Rajasa  menyampaikan Orasi Kebangsaan dalam acara Hari Bangkit Pelajar Islam Indonesia (PII), Senin (28/5/2012). Yaitu visi Indonesia 2015 yang ditargetkan menjadi sepuluh besar dunia dengan berbagai kemajuan yang dicita-citakan dari sekarang.

Menurut Hatta, bangsa Indonesia merupakan bangsa besar dan kuat, terbukti bisa bertahan dari berbagai terpaan krisis, dan apa yang diprediksikan banyak pengamat bahwa Indonesia akan hancur tidak terbukti.

Hatta optimistis Visi 2025 dapat tercapai, berdasar 3 modal terbesar yang dimiliki bangsa ini yang terus dikembangkan.

“Modal pertama adalah SDM yang tercerahkan,” ucapnya. Yaitu SDM yang tidak hanya berpendidikan dan melek iptek, tapi sekaligus punya kesadaran tinggi membangun bangsa.

“Kedua, SDA – yang sekarang dikelola secara tidak berkeadilan, semua dijual dalam keadaan mentah. Kedepan ini tidak boleh lagi terjadi. Indonesia harus menjual produk jadi, yang bernilai lebih (added values). SDA nantinya harus dikelola di daerah masing-masing agar tumbuh pusat-pusat pertumbuhan baru yang merata.”

“Ketiga, Ideologi. Kita punya 4 pilar, yaitu NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.”

Dengan ketiga modal tersebutlah, menurutnya, Indonesia bisa berdaya saing di kancah dunia. Termasuk dengan naiknya pendapatan per kapita yang ditargetkannya sebesar 16.000 US Dollar.