Indonesia Kirim Tim Pemantau Ke Syria

HMINEWS.Com – Indonesia mengutuk keras pembantaian warga sipil oleh rezim Bashar al Assad di Syria (Suriah). Tak hanya itu Indonesia juga mengirimkan tim ke Syria (Suriah) bersama dengan tim peninjau dari PBB pascapembantaian tersebut.

“Kita juga bagian dari tim peninjau PBB, saat ini ada 16 perwira kita baik dari kepolisian atau TNI yang bertugas sebagai observer masalah Suriah,” kata Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa di Gedung DPR, Rabu (30/05/2012).

Seperti diberitakan, setelah pembantaian Houla yang menewaskan 108 jiwa, kekerasan berlanjut dan pada Selasa (29/5) jatuh 98 korban jiwa yang terdiri dari 61 warga sipil, 28 tentara pemerintah dan 9 tentara rezim yang membelot.

Menurut Marty, pemerintah Indonesia terus memantau perkembangan yang terjadi dan meminta dihentikannya aksi kekerasa terhadap warga sipil yang tidak bersalah.

“Dan kita secara konsisten meminta pemerintah Suriah menghentikan kekerasan terhadap warga sipil yang tidak berdosa, bukan hanya mengimbau dan menuntut, kami kira membutuhkan dialog,” tambahnya.

Merespon kekerasan tersebut bahkan sejumlah negara telah mengusir diplomat Suriah. Pada Selasa 29 Mei 2012, pemerintah Amerika Serikat, Perancis, Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, Kanada dan Australia telah mengumumkan pengusiran diplomat Suriah. []