Parpol Sulit Dapatkan Orang-orang Baik

HMINEWS.Com –  Perekrutan bakal calon legislatif jelang Pemilu 2014 telah dimulai. Namun partai-partai politik sulit mendapatkan calon-calon terbaik karena citra partai yang memburuk karena perilaku politisinya.

Sepak terjang tercela politisi parpol itu, di antaranya korupsi, menyebabkan kepercayaan masyarakat luntur, termasuk mereka yang kompeten tidak mau masuk parpol karena takut termakan sistem yang terlanjur bobrok.

“Citra parpol tidak baik di mata publik karena sebagian aktivis parpol berperilaku tak terpuji. Kita terbiasa melakukan simplifikasi, 1-2 orang anggota parpol melakukan perbuatan tercela, semua digeneralisasi tercela,” kata Wakil Ketua Umum DPP PPP Lukman Hakim Saifuddin dalam seri diskusi Empat Pilar ”Parpol: Dari, Oleh, dan Untuk Siapa?” yang diselenggarakan Megawati Institute, Rabu (20/2/2013).

Menurut Lukman, dalam parpol terjadi pertarungan antara mereka yang benar-benar berjuang dengan para oportunis. Karenanya sistem kepartaian harus benar-benar ditata agar parpol terhindar dari korupsi atau politik uang. Caranya yaitu dengan membuat badan usaha parpol sebagai alat mendanai kegiatan politiknya. []