Komisariat FH UII Kembali Aktifkan Pengajian Anak

HMINEWS.Com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO) Komisariat Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) kembali aktif dalam kegiatan mengajar bersama di Tempat Pengajian Anak (TPA) Bani Ismail yang beralamat di Jl. Nitikan Baru gang Yudistira Yogyakarta.  Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari salah satu unit yang ada di HMI Komisariat FH UII sendiri, tepatnya Unit Dakwah yang ada di bawah pimpinan Muhammad Fathurrohman.

“Pada dasarnya bukan hanya pada kepengurusan kali ini saja HMI Komisariat Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia mengadakan kegiatan belajar-mengajar di TPA yang bersangkutan, kegiatan ini sudah dimulai sejak masa kepengurusan yang sebelum-sebelumnya. Hanya saja tidak dapat dipungkiri bahwasanya dikarenakan adanya beberapa kendala pada kepengurusan sebelumnya, kegiatan belajar-mengajar tersebut  kurang berjalan secara maksimal sebagaimana yang diharapkan. Tetapi alhamdulillah semua itu dapat kita perbaiki bersama pada kepengurusan kali ini dan sejauh ini kegiatan belajar-mengajar tersebut berjalan sebagaimana mestinya” ujar Ketua Umum HMI Komisariat FH UII Saudara Dolly Setiawan saat di temui di sekretariat HMI FH UII (17/5/2013).

Dijelaskan juga saat ditemui setelah kegiatan belajar-mengajar di TPA yang bersangkutan, Fathurohman selaku Ketua Unit Dakwah HMI FH UII yang sekaligus merangkap sebagai penanggung jawab kegiatan belajar-mengajar di TPA tersebut mengatakan bahwa kegiatan belajar-mengajar ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap minggunya. Kegiatan ini sendiri sudah dimulai lebih kurang  dari dua bulan yang lalu. Kegiatan ini diselenggarakan sebanyak tiga kali dalam seminggu yaitu pada hari Senin,  Jum’at dan  Sabtu dengan  jumlah siswa TPA yang mencapai 40 anak yang merupakan warga sekitar TPA Bani Ismail.

Minat anak untuk memperoleh ilmu keislaman begitu terasa dengan melihat betapa antusiasnya anak-anak yang mengikuti kegiatan belajar-mengajar di TPA Bani Ismail tersebut. Hanya saja wadah mereka untuk menimba ilmu keislaman tersebut kurang begitu terasa ada. Bagaimana tidak, hal ini begitu terasa saat kita melihat kenyataan yang ada sekarang ini. Sangat sedikit adanya kesadaran remaja untuk melakukan hal-hal positif. Apa yang dilakukan kader HMI FH UII termasuk bagian dari kelompok yang sedikit itu.

Hal ini juga dirasakan Muhammad Haekal, Ketua Takmir HMI Komisariat FH UII. “Saya tidak begitu mengetahui apakah teman-teman pengurus di HMI komisariat maupun cabang lain juga mengadakan kegiatan serupa seperti yang kita adakan ini. Tetapi apapun itu, marilah kita bersama-sama membuat dobrakan baru dengan terus melakukan perbuatan positif yang tentu saja itu mengandung nilai-nilai keislaman. Harapan saya, karena kita tahu bahwasanya HMI merupakan suatu organisasi kemahasiswaan yang berbasiskan nilai-nilai keislaman, sudah semestinya kita menularkan nilai-nilai keislaman yang diajarkan oleh agama kita” ujarnya saat ditemui setelah selesainya kegiatan belajar-mengajar di TPA Bani Ismail.

Harry Setya Nugraha
Kader HMI Fakultas Hukum UII