Bekal Menuju Kongres

HMINEWS.Com – Kurang dari satu bulan lagi insya Allah akan dilangsungkan Kongres ke-29 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO) di Bogor (26-30 Juni 2013). Dalam waktu yang makin pendek ini, semua pihak mempersiapkan segalanya dengan maksimal, mulai dari panitia, SC, Majelis Pekerja Kongres (MPK), termasuk calon utusan cabang yang akan mewakili cabang masing-masing.

Berikut sejumlah hal penting yang harus dipersiapkan utusan cabang sebelum masuk forum kongres.

Kongres adalah forum kekuasaan tertinggi dalam HMI, keputusan apapun bisa dibuat dalam forum ini dengan kriteria yang telah digariskan dalam konstitusi.  Kongres juga bukan hanya menilai Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus dan memilih Ketua baru.  Persiapkan ide-ide cemerlang untuk kemajuan Himpunan yang kita cintai ini.

Kongres bukan ajang untuk belajar ngomong. Bekali diri dengan pemahaman terhadap AD/ART, Khittah Perjuangan dan hal-hal penting lainnya agar nyambung. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan para pengurus cabang sebelumnya yang pernah mengikuti forum kongres agar tidak gagap.

Penting juga untuk menahan diri dari perdebatan yang tidak esensial atau debat kusir yang hanya membuang waktu dan menguras energi. Tidak perlu mengulang-ulang pertanyaaan, meminta penjelasan atau menjelaskan hal-hal yang sudah disepakati (dengan ketuk palu) setelah pembahasan sebelumnya, kecuali memang itu menyangkut masalah yang penting.

Persiapkan kesehatan, karena perjalanan dari cabang masing-masing menuju Bogor, apalagi dari cabang yang jauh (luar Jawa) yang tentu bisa melelahkan. Jangan sampai sakit di perjalanan dan selama kongres berlangsung.

Tak kalah penting, persiapan akomodasi masing-masing, transportasi pergi-pulang kongres. Masih ada lagi? Selamat mempersiapkan diri menuju Kongres XXIX. Mari kuatkan gerakan ideologi dan epistemik HMI.