Training Jurnalistik HMI FH UII

HMINEWS.Com Р HMI Komisariat Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan training jurnalistik. Bertempat di Villa Al Kindi, training berlangsung 3 hari, yaitu tanggal 28-30 Juni 2013.

Sejumlah 30 kader HMI dari berbagai komisariat di kampus UII mengikuti training tersebut. Sedangkan tema yang diusung “Mengembangkan Potensi Kader dalam Bidang Jurnalistik guna Meningkatkan Kemammpuan Mengelola serta Mengembangkan Informasi secara Obyektif dan Progresif.”

Menurut Ketua Umum HMI Kmisariat FH UII, Dolly Setiawan, training tersebut diharapkan menjadi wadah kader untuk meningkatkan kemampuan mengelola informasi. “Setelah acara Training Jurnalistik ini, dapat tertanamkan jiwa penulis di dalam diri kader dan seluruh pihak yang terlibat. Selain itu juga lahirnya jiwa merdeka, menulis sebagai wujud independensi,” kata Dolly.

Dolly mengatakan dewasa ini terlihat begitu banyak masyarakat Indonesia khususnya masyarakat yang terlibat di dalam dunia media yang tidak mampu mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam kode etik secara baik dan benar. Hal itu , lanjutnya, terlihat dari bergesernya fungsi media yang idealnya merupakan salah satu alat yang berperan menjalankan fungsi sebagai kontrol masyarakat, tetapi berubah menjadi alat politik bagi sebagian orang dan kelompok.

“Hal itulah yang menjadi dasar HMI Komisariat Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan Training Jurnalistik,” lanjutnya.

Mewakili Pengurus HMI Cabang Yogyakarta, Eko Budi berharap rekan-rekan sesama kader HMI cerdas menyikapi media massa yang berpihak kepada kepentingan golongan. “Dengan acara ini dapat menjadi bekal teman-teman kader agar tidak tersekat-sekat dan terkekang pada kekuatan kapital yang menguasai media.” ujarnya.

Harry Setya Nugraha