HMI MPO Galang Solidaritas Palestina

HMINEWS.Com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI MPO) dari berbagai cabang dan Pengurus Besar melakukan aksi solidaritas untuk Palestina. Aksi dilakukan dengan menggelar unjukrasa damai serta penggalangan dana.

Tangerang Palestina
Aksi Solidaritas HMI MPO Tangerang

Seperti aksi solidaritas HMI MPO Cabang Tangerang di Bundaran Tugu Adipura (11/7) menuju Tangerang City Mall menyerukan boikot produk pendukung zionisme. Sebagai kecaman terhadap kekejaman terhadap rakyat Palestina itu, mereka juga melakukan aksi tidur di jalan serta menggalan dana untuk korban di Gaza. Dalam orasinya, salah seorang kader, Khotibyani mendesak sikap aktif pemerintahan Indonesia terhadap penyerangan militer di Gaza tersebut.

Di Riau, HMI MPO Pekanbaru menggelar aksi solidaritas dan penggalangan dana di Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Tuanku Tambusai. Aksi dipimpin Ketua Umum HMI MPO Pekanbaru, Ganjar Stiawan. Massa selain berorasi dan menggalang dana juga mendoakan keselamatan warga Gaza.

HMI MPO Pekanbaru
HMI MPO Pekanbaru

Di Palu, Sulawesi Tengah, aksi bersama Solidaritas Pemuda Islam Sulteng ditujukan untuk solidaritas Palestina dan Suriah. Ketua HMI MPO Cabang Palu, Sadli Naharuddin mengajak partisipasi seluruh warga Kota Palu terhadap tragedi kemanusiaan yang terkesan dibiarkan oleh dunia internasional itu. HMI MPO Cabang Palu juga telah mengumpulkan sumbangan Rp 2,827 juta.

HMI MPO Palu
HMI MPO Palu

Sementara aksi yang dilakukan di Jakarta oleh beberapa cabang dengan personel Pengurus Besar HMI MPO, bersama sejumlah elemen seperti Voice of Palestine (VOP) serta yang lainnya dalam aksi bersama di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat (USA) di Jakarta. PB HMI MPO mengutuk serangan israel yang tidak beralasan dan pembiaran oleh USA serta Dewan Keamanan PBB (UNO).

PB HMI MPO menyerukan agar Dewan Keamanan PBB  melakukan tindakan nyata yaitu menurunkan pasukan untuk menjaga wilayah Palestina. Tiga poin lain dalam tuntutannya, HMI MPO menyerukan agar;

  1. PBB dan masyarakat internasional mendorong Israel untuk menjalankan Konvensi Jenewa  1948 secara konsisten.
  2. Pemerintah Indonesia untuk menekan Israel hentikan serangan ke Palestina.
  3. Menuntut Israel untuk diadili di Mahkamah HAM Internasional

    Aksi solidaritas Palestina oleh PB HMI MPO di depan Kedutaan Amerika Serikat
    Aksi solidaritas Palestina oleh PB HMI MPO di depan Kedutaan Amerika Serikat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *