Mengungkap Peran Islam terhadap Kemajuan Teknologi Dunia

HMINEWS.Com -Sejaran mencatat, tatkala peradaban Islam memimpin dunia, Barat sedang dalam kegelapannya. Saat Barat masih berada dalam ‘abad kegelapan’, Islam telah mencapai abad kemajuan yang gilang gemilang. Berbagai penemuan mulai dari kedokteran, teknologi perkakas, ilmu alam, fisika dan bidang-bidang ilmu lainnya. Ilmu-ilmu yang dikembangkan ilmuwan muslim menjadi pijakan bagi kemajuan dunia Barat kini.

Bermula dari kekalahan dalam Perang Salib akhirnya Barat menyadari bahwa mereka harus belajar dari Islam. Dimulailah proyek jangka panjang penerjemahan buku-buku karya ilmuwan Muslim ke dalam bahasa orang-orang Barat. Selain itu, mereka pun banyak mengirim pelajar ke universitas-universitas di negeri-negeri Muslim. Intinya, mereka menyerap sebanyak-banyaknya ilmu yang berkembang di dunia Islam dan mereka aplikasikan mengejar kemajuan mereka dan mengalahkan umat lain.

Fase transformasi ilmu-ilmu dari Islam oleh Barat digambarkan pula dengan jujur oleh banyak ilmuwan Barat –termasuk oleh pihak Gereja sendiri–,tak terkecuali dalam bentuk novel yang amat bagus yang ditulis oleh Umberto Eco berjudul ‘Il Nome Della Rosa’ (The Name of The Rose).

Namun kini tak banyak yang tahu hal tersebut, bahkan menganggap Islam tidak punya kontribusi bagi kemajuan dunia. Kemajuan peradaban Islam itu tak lain karena ajaran Islam yang memang memerintahkan umatnya agar terus menggali ilmu; meneliti dan menelaah, selaras dengan perintah pikir dan zikir bagi insan ulul albab.

Untuk menghidupkan kembali semangat itu, ‘MED’ (Muslim Every Day) akan menyelenggarakan kajian yang akan dimulai di Masjid Istiqamah, Jalan Citarum Nomor 16 Bandung, Sabtu 21 Februari 2015 pukul 09:00 -11:30 WIB. Pemateri Prof. Dr. Ing. Fahmi Amhar, profesor termua bidang geospasial dan peneliti LIPI.

Mohammad Hadiid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *