HMI dan PKPIM: Perkuat Ukhuwah dan Solidaritas Kemanusiaan

HMINEWS.Com – Organisasi Pelajar dan Mahasiswa Malaysia yang tergabung dalam Persatuan Kebangsaan Pelajar Islam Malaysia (PKPIM) mengunjungi Pengurus Besar HMI MPO di Jakarta, Rabu, (23/12/2015). Delegasi PKPIM yang berjumlah 7 orang disambut oleh ketua umum PB HMI MPO Muhammad Fauzi.

Pada kesempatan tersebut, Ketua delegasi PKPIM Muhammad Khair Bin Sujud mengucapkan terima kasih kepada PB HMI yang telah bersedia untuk bersilaturahim. Selain itu, ia juga berharap pada pertemuan kali ini organisasi mahasiswa dan pemuda Malaysia dapat belajar terkait perkaderan dan perjuangan dari mahasiswa di Indonesia.

“Kami sampaikan terimaksih kepada ketua umum PB HMI, karena telah bersedia bersilaturrahim. Semoga pertemuan ini dapat menguatkan ukhuwah PKPIM dan HMI. Pelajar dan Mahasiswa Malaysia tidak sekritis mahasiswa disini, semoga kami dapat bertukar pikiran, ide dan model perkaderan, untuk meningkatkan perkaderan dan perjuangan,” kata Muhammad Khair.

Sementara itu Ketua umum PB HMI, Muhammad Fauzi lebih menyoroti permasalahan umat Islam yang berkembang.

“KTT OKI untuk masalah Palestina akan digelar Januari 2016, PB HMI MPO dan PKPIM harus mendorong negara -negara anggota OKI mengeluarkan sanksi tegas terhadap Israel, agar penjajahan yang dimulai sejak 1967 berakhir. Juga terkait KTT Reguler OKI pada April 2016, PB HMI juga mengajak PKPIM untuk mendorong negara-negara anggota OKI untuk menerapkan sanksi ekonomi terhadap Myanmar dan menghentikan genosida terhadap muslim Rohingya,” kata Fauzi.

Fauzi menegaskan, muslim Rohingya harus diberikan hak kewarganegaraan dan melaksanakan ibadah seperti warga Myanmar lainnya. PB HMI juga mendorong persatuan umat Islam. Menurut Fauzi permasalahan umat Islam saat ini karena lemahnya ukhuwah Islamiyah.

“Penjajahan terhadap Palestina, genosida di Arkane Rohingya, dan penindasan terhadap umat Islam di belahan dunia lainnya terjadi karena lemahnya ukhuwah Islamiyah umat Islam. Kita harus perkuat kembali hal tersebut,” lanjutnya.

Dari pertemuan tersebut HMI dan PKPIM berkomitmen untuk bekerjasama dalam meningkatkan kualitas sumber daya kader kedua organisasi. Melakukan advokasi berbagai permasalahan yang tengah dihadapi umat Islam regional dan Internasional.