Galang Dana Buat Rohingya, HMI MPO Cabang Manado Lakukan Longmarch dan Teatrikal

HMINEWS.COM, Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyalamat Organisasi (HMI-MPO) Cabang Manado gelar aksi penggalangan dana buat duka muslim Rohingnya.

Penggalangan dana yang digelar selasa siang (12/09) ini, juga melakukan longmars dari Patung Wolter Monginsidi Jl Boulevard sampai titik finis di Zero Point.

 

Ketua Umum HMI-MPO Cabang Manado, Sahlan Abarang mengatakan aksi ini merupakan bentuk respon HMI terhadap konflik yang terjadi di negara Myanmar.

 

“Konflik itu harus segera teratasi, kalau tidak gerakan genosida bakal menghilangkan suku Rohingnya,” ujarnya, saat aksi, kepada media ini.

 

Sahlan juga menjelaskan konflik yang terjadi disana bukanlah karena agama tapi adanya kepentingan asing.

 

“Sehingga itu kami juga berharap Pemerintahan Indonesia mendesak PBB selesaikan konflik tersebut,” tambahnya lagi.

 

Karena menurut mahasiswa Fakultas Hukum Unsrat ini, suara HAM selalu terdengar di semua negara tetapi kenapa di Myanmar sontak HAM tak kunjung dinikmati suku Rohingya.

 

“Ini juga bukan permasalahan suku asli atau tidak serta harus tinggal atau pergi tapi ini soal HAM, jika pembantaian terjadi lalu dimana HAM. Untuk itu, HMI MPO Cabang Manado mengutuk keras aksi genosida terhadap etnis Rohingya,” tegasnya.[] (ARM)