Bertemu dengan Mahasiswa Thailand, Komisi HI PB HMI Bahas Isu Kemanusiaan

 

HMINEWS.COM-Ketua Komisi Hubungan Internasional Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Henky Fernando menjalin silahturahmi dengan Persatuan Mahasiswa Islam Patani (Selatan Thailand) Indonesia di Riau.

Pertemuan antara dua organisasi pemuda muslim Asia Tenggara ini, membahas isu-isu sentral yang ada disetiap negara tersebut.

“Isu-isu kemanusiaan, menjadi isu yang sangat menarik untuk diperhatikan mulai dari diskriminasi disektor pendidikan, politik, hukum dan kebebasan dalam beragama menjadi sangat penting untuk dibahas di Patani Selatan Thailand,” kata Abdurahman selaku ketua Persatuan Mahasiswa Islam Patani Thailand Selatan, Jumat (27/4/2018).

Abdurahman juga menambahkan, kurangnya perhatian dunia terutama negara Asia Tenggara dalam merespon isu kemanusian di Patani Thailand selatan, membuat fenomena ini tidak terlihat bias di tatanan masyarakat dunia.

“Untuk itu, kerja sama dari negara lain sangat diperlukan dalam menyuarakan isu-isu kemanusian di Patani Thailand, yang sampai saat ini masyarakat Patani diawasi langsung oleh militer dan dibatasi hak-haknya,” katanya.

Ketua Komisi HI PB HMI, Henky Fernando mengungkapkan, Himpunan Mahasiswa Islam melalui komisi Hubungan Internasionalnya, akan mengeksploitasi lebih dalam lagi tentang fenomena ini dan merespon serius permasalahan kemanusian yang sedang terjadi di Thailand selatan ini.

“Permasalahan yang ada di Patani Thailand selatan harus mendapatkan perhatian serius karena ada hak-hak dasar kelompok masyarakat tertentu yang diskriminasikan oleh negara, untuk HMI akan menyuarakan isu ini ketatanan masyarakat Asia tenggara untuk bisa mengatasi masalah tersebut, karena HMI cabang Pekanbaru mempunyai beberapa Kader yang ada di mahasiswa Muslim patan Thailand,” ujar Henky.

Selain membahas masalah kemanusian, ketua komisi HI PB HMI dan ketua  Persatuan Mahasiswa Islam Patani (Selatan Thailand) Indonesia di Riau telah bersepakat untuk meningkatkan dan menjalin Hubungan kerja sama antara kedua organisasi pemuda muslim lintas negara ini disektor, kepemimpinan, pendidikan, budaya dan Agama nantinya.

PB HMI melalui komisi HI akan terus berupaya membangun hubungan organisasi pemuda muslim yang ada di asia tenggara disemua sektor, untuk dapat berkolaborasi dalam mewujudkan tatanan masyarakat dunia yang berkeadilan.