Mengenal Alat Kesehatan Dan Fungsinya Dalam Dunia Kedokteran

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti mengenal yang namanya jarum suntik. Jarum suntik adalah salah satu medical & farmasi devices atau alat dalam dunia kedokteran yang fungsi utamanya ialah mempermudah masuknya obat tertentu di tubuh manusia.

Selain jarum suntik, masih ada banyak peralatan dalam dunia farmasi yang sayangnya belum banyak diketahui oleh sebagian besar masyarakat di tanah air. Nah, agar lebih paham mengenai alat-alat yang manfaatnya besar terhadap kesehatan kita, tidak ada salahnya untuk menilik beberapa alat kesehatan dan fungsinya berikut ini.

 

Endoskop

endoscope Alat Kesehatan

Apakah Anda kerap mendengar alat kesehatan bernama endoskop? Tahukah Anda dalam dunia kesehatan, alat yang satu ini sangat penting. Alat tersebut biasanya digunakan dalam pemeriksaan endoscopy. Endoscopy sendiri merupakan pemeriksaan dengan memanfaatkan alat khusus bernama endoskop yang kemudian dimasukkan ke dalam rongga tubuh manusia. Tujuannya ialah untuk memeriksa serta mendiagnosis beberapa kelainan yang terjadi di dalam saluran cerna atau saluran cerna bawah dalam tubuh seseorang secara langsung. Endoskop berupa perangkat panjang yang berbentuk seperti tabung kecil dan fleksibel. Perangkat tersebut memiliki cahaya dan kamera yang terletak di ujung alat. Kamera tersebutlah yang nantinya digunakan untuk pemantauan. Sementara cahaya yang letaknya pada ujung endoskop bermanfaat untuk menyinari bagian yang hendak diperiksa agar dapat ditangkap oleh kamera dengan maksimal. Dengan cahaya dan kamera tersebut, doker akan lebih mudah melihat gambar yang ditampilkan. Gambar yang ditangkap kamera akan ditampilkan pada sebuah monitor yang telah terhubung dengan alat tersebut.

 

CT-Scan

ct-scan Alat Kesehatan

Medical & farmasi devices selanjutnya ialah CT-Scan. Alat yang satu ini juga memiliki peran yang besar terhadap pemeriksaan kesehatan seseorang. CT-Scan kepanjangan dari kata Computerized Tomography Scanner. Sebuah alat yang berbentuk mesin khusus sinar X yang mana akan mengirimkan beragam berkas pencitraan dalam waktu bersamaan dari sudut-sudut yang berbeda. Singkat kata, CT-Scan adalah alat yang digunakan untuk mendapatkan gambaran yang lebih spesifik dari berbagai macam sudut kecil misalnya saja tulang tengkorak dan otak. Tahukah Anda bahwa alat ini merupakan bukti dari perkembangan alat kesehatan karena sudah didukung dengan tehnologi modern nan canggih. Dunia kedokteran membutuhkan alat CT-Scan untuk melihat detail foto bagian-bagian dan rangka tubuh manusia yang lebih lengkap dan akurat. Bahkan lewat alat canggih yang satu ini, dokter akan lebih mudah menilai organ-organ dalam manusia. Kini, alat tersebut dimanfaatkan untuk memeriksa penyakit stroke, penyakit atau gangguan organ pencernaan dan penyakit lainnya. Karena didukung dengan tehnologi canggih, seseorang harus mengeluarkan kocek dalam apabila hendak melakukan CT-Scan.

 

Elektrokardiografi

Alat-EKG Alat Kesehatan

Alat selanjutnya adalah elektrokardiografi. Sama halnya dengan alat-alat medis sebelumnya, alat yang satu ini juga memiliki peran yang tidak kalah penting bagi pemeriksaan kesehatan pada tubuh seseorang. Banyak orang dalam dunia kesehatan menyebut alat ini dengan sebutan EKG. EKG sendiri merupakan sebuah alat yang digunakan dalam dunia kedokteran untuk mendeteksi aktivitas listrik jantung. Pemeriksaan pada tubuh seseorang yang dilakukan menggunakan alat tersebut adalah untuk menentukan apakah kondisi jantung seseorang dalam keadaan normal ataupun sebaliknya. EKG didukung dengan tampilan grafik aktifitas jantung. Grafik tersebut berfungsi untuk merekam keseluruhan aktifits listrik jantung pada tubuh seseorang. Beberapa manfaat lanjutan dari EKG yaitu mempermudah dokter dalam memahami rasa sakit yang tedapat di dada dimana rasa sakit tersebut berdampak pada serangan jantung, angina atau bahkan inflamasi jantung. Dokter juga dimudahkan dengan alat ini karena lebih mudah menemukan apa penyebab gejala penyakit jantung yang diderita seseorang. Biasanya apabila seseorang memiliki penyakit diantaranya tekanan darah diabetes, kolesterol tinggi dan jantung genetik akan disarankan untuk melakukan medical check up salah satunya dengan pemeriksaan EKG.

 

Alat Cek Darah

Alat Cek Darah Alat Kesehatan

Satu lagi alat medical yang tak kalah penting dari ketiga alat sebelumnya yaitu alat cek darah. Alat yang satu ini disebut sebagai alat dasar dalam pemeriksaan kesehatan seseorang. Seperti namanya, alat tersebut dimanfaatkan untuk mengecek kesehatan seseorang lewat kondisi darah seseorang. Pemeriksaan darah perlu dilakukan untuk menentukan beragam indikator tertentu dalam tubuh apakah masih dalam kondisi baik alias normal ataupun sebaliknya. Selanjutnya dari beragam indikator tersebutlah dokter akan mengambil kesimpulan tentang kesehatan tubuh seseorang. Meski tujuan utama ialah mempermudah diagnosa kesehatan tubuh lewat pengecekan kondisi darah, namun rupanya alat cek darah terbagi menjadi bermacam-macam jenis. Alat pertama yaitu alat cek gula darah. Alat cek gula darah merupakan sebuah alat yang terlihat lebih praktis dibanding dengan alat lainnya. Alat ini banyak digunakan untuk penderita diabetes. Meski praktis dan mudah digunakan dimana saja, namun setiap orang yang memeriksa gula darah harus memahami cara kerja dan pengetahuan tentang alat tersebut. Alat kedua ialah alat cek kolesterol dalam darah. Alat ini juga memiliki peranan penting bagi dunia kesehatan salah satunya bagi penderita diabetes melitus. Fungsi utamanya ialah untuk mengetahui kadar kolesterol dalam darah seseorang. Apabila kadar kolesterol dalam darah seseorang tinggi maka hal tersebut dikaitkan dengan beberapa penyakit berbahaya misalnya jantung koroner dan stroke.

 

Nah, itulah 4 dari sekian banyak alat kesehatan yang perannya sudah tidak diragukan lagi dalam dunia kedokteran dan farmasi. Faktanya, tak hanya orang-orang yang sudah menderita penyakit tertentu saja yang diperiksa menggunakan alat-alat di atas. Disadari atau tidak karyawan dalam sebuah perusahaan pun perlu melalukan medical check up rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *